Kesuksesan Tiada Yang Instan

Resep Donat Kentang yang Empuk

 Resep Donat Kentang yang Empuk

Donat merupakan salah makanan yang cukup populer di Indonesia sehingga tidak heran jika setiap daerah sudah banyak menjual kue ini. Donat sebenarnya memiliki banyak varian rasa tergantung dari orang yang membuatnya.

Untuk kali ini sendiri saya akan memberikan informasi bagaimana cara membuat donat kentang dengan rasa yang enak dan sangat empuk kita masuk dimulut. Untuk membuat kue tentunya kita harus terlebih dulu mempersiapkan bahan yang akan kita pakai maka untuk mengetahui itu serta cara membuatnya silahkan simak info dibawah ini.



Bahan Donat Kentang
  • Beli kentang yang mutunya bagus. Kukus dan haluskan sebanyak 200 gram.
  • 50 Gram Gula Pasir Putih yang bersih. Usahan untuk tidak memakai gula pasir kuning karena akan mengakibatkan rasanya sedikit berbeda.
  • 500 Gram Tepung Terigu yang biasanya untuk bahan pembuat donat dan mempunya kadar protein tinggi. Jangan gunakan Tepung dengan kadar protein sedang atau rendah.
  • Susus bubuk (merek sesuai selera) sebanyak 1 sendok besar atau sendok makan.
  • Garam dapur yang beryodium sebanyak satu sendok kecil.
  • 500 gram Margarin
  • Pengembang kue atau biasa dikenal juga dengan nama Fermipan sebanyak 11 gram.
  • Telur Ayam sebanyak 1 butir. Pecahkan dan ambil kuning telurnya saja.
  • Air matang secukupnya.

Cara Membuat Donat Kentang


  1. Masukkan dan campurkan 500 gram Tepung Terigu dan susu bubuknya. Ayak sampai halus.
  2. Ambil wadah yang cukup besar. Masukkan 200 gram kentang kukusnya, 50 gram gula pasir, sedkit garam dan fermipannya. Campur dan aduk semua bahan sampai tercampur sempurna.
  3. Masukkan campuran tepung dan susu bubuk yang sudah di ayak di atas ke dalam wadak besar tadi. Campur semua bahan sampai rata.
  4. Tuang air sedikit demi sedikit ke dalam adonan tadi sambil tetap di aduk supaya tidak ada adonan yang mengumpal. Ulangi sampai adonan pulen.
  5. Masukkan mentega dan aduk lagi menggunakan tangan (di uleni) sampai rata.
  6. Masukkan kuning telurnya dan aduk kembali sampai semua bahan tercampur sempurna dan kalis. Tutupi wadah adonan dengan kain bersih selama kurang lebih 30 menit.
  7. Ambil sedikit adonan yang sudah mengembang tadi. Bentuk adonan menjadi bundar dengan lubang di tengahnya seperti bentuk ban. Ulangi sampai semua bahan habis. Diamkan lagi selama kurang lebih 15 sampai 20 menit.
  8. Goreng adonan dengan minyak yang banyak dan panas. Goreng sebentar sampai warna kulit luarnya kuning kecoklatan. Gunakan supit dan putar di tengah adonan tadi supaya hasilnya benar benar bundar seperti ban.
  9. Setelah dingin, anda bisa memberi gula bubuk untuk lebih praktisnya atau mengolesi resep donat kentang ini dengan selai kacang coklat atau selai strawbery. Sebelum di olesi lamuri dulu dengan mentega supaya bahan hiasan donat melekat di kulit luarnya.

0 Response to " Resep Donat Kentang yang Empuk "

Posting Komentar