Kesuksesan Tiada Yang Instan

Resep Spesial Sop Barobbo Khas Bugis

Barobbo merupakan bubur jagung khas masyarakat bugis yang menetap di sulawesi selatan. Masakan ini terdiri dari jagung, sayuran, irisan ayam, udang, dan di sajikan bersama perkedel. Dahulu, makanan yang bahan utamanya menggunakan jagung ini, di masak setiap kali panen jagung tiba. Namun saat ini barobbo sudah dapat di nikmati setiap hari

Jujur, saat saya tulis artikel ini saya mau langsung kangen sama keluarga saya di sulawesi karena di sana saya sangat sering di buatkan barobbo sama mama saya tapi semenjak setahun di kalimantan saya gak pernah lagi makan barobbo. Kok jadi curhat yah, :)
Berikut resep khas barobbo dari mama saya. 

barobbo bugis Soppeng

Bahan

  • Jagung
  • Daun sup
  • Ayam (goreng dan suwir-suwir) atau udang
  • Merica
  • Bayam/kangkung/sawi
  • Bawang merah
  • Bawang putih

Bahan Pelengkap

  1. bawang goreng, 
  2. cabe+jeruk nipis, 
  3. perkedel jagung.
  4. Bahan untuk perkedel jagung:
  5. jagung, 
  6. telur 1 biji, 
  7. bawang merah, 
  8. bawang putih, 
  9. merica, 
  10. tepung 1 sendok, 
  11. daun sup+daun bawang.

Cara Membuat

Jagung diparut, masukkan dalam panci (sisakan juga buat perkedel) tambahkan air dan masak (bisa ditambahkan udang). Tambahkan irisan bawang merah dan bawang putih, bila sudah mendidih masukkan sayuran, daun sup, merica dan garam.

Perkedel: haluskan bawang merah dan bawang putih, campur dengan jagung parut, tambahkan telur, garam, merica, potongan daun sup+daun bawang, tambahkan tepung satu sendok aduk rata dan goreng.
Siapkan bubur dalam mangkuk, taburi atasnya dengan ayam goreng, bawang goreng dan perkedel jangung. Siap dimakan dengan cabe ulek+perahan jeruk nipis.

Selamat mencoba yah teman-teman masakannya. :)

Baca juga : Resep Sop Konro Asli Makanan Khas Bugis-Makassar

0 Response to " Resep Spesial Sop Barobbo Khas Bugis "

Posting Komentar